Cara Membagi Waktu Kuliah dan Organisasi

Ukm, unit kegiatan mahasiswa, cara membagi waktu kuliah, kuliah masuk, um, ub, unair, unesa, ugm, uny, uns, ui, ipb, itb

    

      UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa adalah sebuah kegiatan keorganisasian baik extrakampus maupun intrakampus. Dalam sebuah kegiatan extra tentunya bertujuan untuk mengembangkan mahasiswa dalam bidang non akademis. UKM ini merupakan sebuah fasilitas kampus yang digunakan untuk mengembangkan bakat dan minat mahasiswa. Tak jarang pula mahasiswa banyak mendapatkan sebuah kejuaraan dalam ajang-ajang bergensi dengan membawa label nama UKM, baik dalam ajang nasional maupun internasional. 
    Tapi perlu saudara ketahui bahwa UKM hanyalah sebuah cara mengembangkan skill saudara di bidang non akademis, pasalnya banyak mahasiswa salah mengartikan pengembangan non akademis. Salah mengartikan yang dimaksud, UKM atau pengembangan non akdemis menjadi tujuan utama dalam kuliah, alhasil kuliah saudara siap siap untuk molor beberapa semester. 
     Bagi mahasiswa berfikir idealis sudahlah tidak asing lagi, pasalnya banyak mahasiswa berlomba-lomba menjadi yang terbaik dari segi akademis dan nonakademis. Segi akademis dan nonakademis tentunya haruslah seimbang dan beriringan. Menyikapi hal tersebut, dari segi pengalaman dan pengamatan si penulis, banyak mahasiswa yang molor karena mereka lebih terlarut dan nyaman dalam struktur jabatan keorganisasian. Namun hal itu dapat disiasati jika mahasiswa tersebut pandai dalam hal membagi waktu.
     Dari pandangan dunia kerja memang penting sebuah ilmu organisasi, pasalnya kebanyakan dunia kerja menerapkan sistem manajemen yang mana di dalam menejemen terebut terdapat struktur keorganisasian.  Namun, bukan hal itu yang penulis ungkap di artikel ini, melainkan cara membagi waktu bagaimana porsi sebuah organisasi dalam masa perkuliahan. 



     Awal permulaan kuliah sekitar semester 1-2 sebaiknya saudara jangan langsung terjun ke dunia UKM. Dari anggapan penulis awal kuliah adalah masa orientasi saudara terhadap lingkungan sekitar. Baik lingkungan didalam kampus maupun lingkungan di sekitar tempat saudara tinggal, enjoy dan menikmati suasana di kota orang dulu saja. 
     Pertengahan kuliah sekitar semester 3-5 alangkah baiknya saudara membidik extra atau UKM mana yang saudara minati, contoh UKM paduan suara, UKM penulis, UKM pengabdian, UKM pencak silat, UKM olahraga, dan lain lain. Kembangakan skill dan kemampuan saudara dalam bidang non teknis, pasalnya kesempatan ini tidak datang 2kali bukan ?. Dan ikuti semua ajang bergengsi yang membuat orang lain terkersan. Namun dalam masa pertengahan kuliah alangkah baiknya saudara menyesuaikan jadwal kuliah dengan jadwal UKM. Pilih UKM yang latihan atau pengarahanya pada hari libur, misal hari minggu atau sabtu, sehingga tidak akan bentrok dengan jadwal kuliah. 
   Akhir semester alangkah baiknya saudara stop mengikuti organisasi, disebapkan beban kuliah akan semakin berat (Tugas, materi, dan waktu). Nah di semester ini pula banyak mahasiswa mengeluh terkait dengan Tugas Akhir atau TA. Jadi alangkah baiknya saudara tidak lanjut mengikuti kegiatan UKM, dengan tujuan fokus ke Tugas akhir saudara. Dengan fokus tersebut diharapakan saudara selain tepat waktu, juga bisa berharap mengukir nilai yang terkesan bagus. 


“Sukses jadi mahasiswa dengan prestasi akademis dan non akademis ya kawan“
   
Cara Membagi Waktu Kuliah dan Organisasi Cara Membagi Waktu Kuliah dan Organisasi Reviewed by Satuan Kejuruan on July 30, 2019 Rating: 5

No comments:

Recent Posts

Powered by Blogger.